Kain Sofa 101

Kita pasti sudah mengetahui kalau kain merupakan salah satu material favorit yang digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk dalam membuat furnitur, seperti kain sofa dan kain kursi dudukan. Jenis kain sofa dan dudukan, pada awalnya, terbuat dari kulit maupun bulu binatang. Namun, seiring perkembangan waktu dan teknologi, manusia dapat mengolah kain yang berasal dari serat tanaman bahkan menggunakan bahan sintetis.

 

  1. Kain Polyester

Kain polyester yang digunakan sebagai pelapis sofa umumnya bersifat sangat awet, tidak mudah sobek, dan tersedia dalam berbagai macam pilihan warna maupun motif. Sebagian besar dari kain sofa Hikaron berbahan dasar polyester, seperti bisa dilihat di kategori Budget Plain dan Woven.

 

  1. Kain Nilon

Kain nilon yang biasa digunakan sebagai bahan pelapis sofa umumnya memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tidak mudah mengelupas maupun memudar. Kain ini juga memiliki kelebihan memberikan efek dingin ke kulit. Kain Bulgari dari Hikaron dibuat dari campuran bahan polyester dan nilon.

 

  1. Kain Chenille

Jenis kain yang memiliki tampilan seperti bahan beludru ini paling banyak ditemukan dalam sofa bergaya klasik. Kain chenille dikenal sangat kuat dan tidak mudah sobek, walaupun pada kenyataannya cenderung sulit dibersihkan jika sudah terkena noda. Contoh kain Chenille bisa dilihat pada kategori Chenille Budget, Chenille Exclusive, Panel, dan Chenille Budget Plain.

 

  1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan tekstil yang memiliki karakteristik tebal, kuat dan kokoh. Kain kanvas sendiri terdiri atas beberapa macam jenis dengan serat dan ketebalan yang berbeda-beda, mulai dari kain kanvas marsoto, kain kanvas ring, kanvas sueding, dan baby kanvas.

 

  1. Kain Katun

Kain katun termasuk kedalam jenis kain yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas. Harganya yang cukup terjangkau menjadikan kain kanvas banyak dipilih sebagai bahan pelapis atau cover sofa yang digunakan di wilayah beriklim tropis, meski memiliki beberapa kekurangan seperti mudah robek, mudah menyerap air, dan warnanya cepat pudar. 

 

  1. Kain Linen

Kain linen merupakan salah satu jenis bahan tekstil tertua di dunia yang dibuat dari serat alami tanaman rami. Secara keseluruhan kain ini memiliki karakteristik yang cukup kuat bahkan terbilang lebih kuat dari kain, tidak mudah sobek, dan tetapi sayangnya harga kain linen terbilang cukup mahal.

ide3

LOOKING FOR MORE INSPIRATIONS
IN FABRIC AND DESIGN?

Learn more about how our beautiful fabrics
are a smart, stylish choice for your lifestyle.